Berapa Harga Tjiwi Kimia Kaporit?

Berapa Harga Tjiwi Kimia Kaporit?

 

Calcium Hypochlorite atau yang lebih dikenal luas dengan sebutan ‘kaporit’ adalah unsur kimia dengan rumus Ca (OCI) 2, adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk menjernihkan air keruh sekaligus untuk membunuh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan kuman.

Karena itu, tidak mengherankan apabila kaporit sering digunakan di kolam renang atau pada air yang didistribusikan kepada masyarakat. Karena memang, salah satu kelebihan kaporit adalah, bisa membunuh bakteri berbahaya seperti bakteri E. coli, ganggang, kuman, dan berbagai macam mikroorganisme berbahaya lainnya.

Tjiwi Kimia Kaporit adalah salah satu merek kaporit yang cukup terkenal dan banyak digunakan di Indonesia. Harga kaporit Tjiwi Kimia yang terjangkau di samping kualitasnya yang bagus adalah alasan mengapa produk ini banyak dipilih dan digunakan.

Berapa Harga Tjiwi Kimia Kaporit?

Kaporit merk Tjiwi Kimia harganya cukup terjangkau dan sangat mudah ditemukan. Sinar Kimia adalah salah satu toko online yang jual kaporit Tjiwi Kimia tablet, bubuk, ataupun yang berbentuk butiran (granule).

Harga Tjiwi Kimia Kaporit di toko online SinarKimia.com sangat terjangkau. Dan bahkan, Anda bisa dapat harga lebih murah jika mau memaksimalkan berbagai penawaran menarik seperti diskon atau berbagai macam promo yang tersedia di olshop Sinar Kimia.

Apa Itu Kaporit Kolam Renang?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kelebihan-kelebihan Tjiwi Kimia Kaporit, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu, apa itu kaporit? Apa manfaatnya? Bagaimana cara menggunakannya? Serta, apa bahayanya apabila digunakan secara berlebihan?

1. Manfaat dan Fungsi Kaporit

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pertama, kaporit yang dikenal juga dengan sebutan kalsium hipoklorit sebenarnya mengandung klorin.

Klorin adalah senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai desinfektan untuk membunuh patogen atau mikroorganisme berbahaya dengan cara memecah sel mikroorganisme. Sehingga, mikroorganisme tersebut tidak akan aktif atau mati.

Kaporit yang mengandung klorin juga memiliki sifat bleaching. Karena itulah, produk ini bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan air yang keruh.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kaporit adalah produk kimia yang memiliki sifat desinfektan dan bleaching. Karena itu, kaporit bisa digunakan untuk menjernihkan air yang keruh, menghilangkan bau akibat bakteri atau mikroorganisme serta ganggang, menghilangkan warna pada air, memurnikan rasa, dan membuat derajat keasaman (pH) air sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kaporit diproduksi dalam bentuk yang bermacam-macam. Kita ambil contoh produk Tjiwi Kimia. Kaporit Tjiwi Kimia tersedia dalam berbagai pilihan. Mulai dari, kaporit tablet berukuran besar dan kecil, ada juga yang berbentuk bubuk, butiran, serta cairan.

Kaporit bubuk misalnya, bentuknya seperti bedak berwarna putih yang akan pecah jika dilarutkan ke dalam air. Saat dilarutkan, kaporit akan menghasilkan oksigen dan gas klorin yang berbau agak menyengat. Karena itulah, kita bisa mencium aroma yang khas pada air-air yang diberikan kaporit. Seperti di kolam renang misalnya.

2. Takaran Kaporit untuk Kolam Renang

Kaporit yang mengandung klorin adalah bahan kimia yang biasanya diberi logo ‘masker respirator’ yang artinya, klorin yang terkandung di dalam kaporit termasuk ke dalam golongan racun yang berbahaya. Karena itu, penggunaannya harus selalu dalam batas yang aman dan sesuai dengan yang ditetapkan oleh badan regulasi. 

Pemberian kaporit tidak boleh kurang dan juga tidak boleh berlebihan. Apabila kurang, hal ini berpotensi menyisakan bakteri atau kuman serta berbagai mikroorganisme berbahaya. Sebaliknya, apabila berlebihan dapat membahayakan kesehatan orang yang menggunakan air tersebut. 

Takaran kaporit untuk kolam renang idealnya sekitar 70% atau sebesar 2,5 PPM (2,50 gram per M3 (meter kubik). Untuk mengetahui kadar kaporit di dalam air, Anda bisa menggunakan alat pengukur kadar pH atau kalsium hipoklorit (Cl) yang biasanya disebut Ph & Cl test.

Bahaya Kaporit

Telah disebutkan bahwa, takaran pemberian kaporit pada air harus sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Di atas, kami telah menjelaskan beberapa dampak yang mungkin timbul apabila konsentrasi kaporit kurang pada air.

Sebaliknya, pemberian kaporit dengan konsentrasi berlebihan pada air juga dapat menimbulkan beberapa dampak seperti, infeksi kulit, gangguan pernapasan, iritasi mata, merubah warna gigi, kerusakan gigi, dan dapat mengganggu sistem pencernaan apabila tertelan.

Kelebihan Tjiwi Kimia Kaporit

Tjiwi Kimia Kaporit adalah salah satu merek kaporit terkenal yang banyak digunakan di Indonesia karena kualitas dan harganya yang terjangkau. Harga yang murah dan kualitas yang terjangkau adalah dua kelebihan utama Tjiwi Kimia Kaporit.

Beli Kaporit Tjiwi Kimia di Mana? 

Beli kaporit Tjiwi Kimia tablet, bubuk, atau butiran, salah satunya, bisa anda lakukan dengan mengunjungi toko online sinarkimia.com.

Di toko online SinarKimia, harga Tjiwi Kimia kaporit sangat terjangkau. Disamping menawarkan harga murah, Toko Sinarkimia juga menawarkan banyak promo dan diskon yang bisa anda maksimalkan untuk menghemat uang belanja.

Scroll to Top