Cara Memasang Filter Air yang Benar

Cara Memasang Filter Air yang Benar

 

Air adalah salah satu sumber daya yang paling berharga di bumi ini. Air sangat penting untuk kehidupan kita. Terutama air tawar yang menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup.

Tapi sayang, masih banyak orang yang belum menyadari dan belum tahu bahwa air merupakan sumber daya yang terbatas. Yang artinya, suatu saat kita bisa kehabisan/kekurangan air tawar.

Buktinya, banyak danau dan sungai yang sudah mulai mengering. Tidak hanya itu, kualitas air pun terus menurun dari waktu ke waktu. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta hingga Surabaya.

Di kota-kota besar dan di beberapa daerah, air sumur tidak hanya keruh tapi juga berbau. Membuatnya tidak layak digunakan untuk memasak dan minum.

Air yang kotor dan berbau serta sulitnya sumber air di kota-kota besar membuat, banyak warga kota yang lebih memilih berlangganan air dari PDAM atau PAM daripada menggunakan air sumur (bor).

Meski air PDAM tampaknya menjadi solusi yang efektif. Tapi nyatanya, kualitas air PDAM pun tidak selalu bagus. Karena banyak juga air PDAM yang tampaknya jernih tapi (mungkin saja) mengandung berbagai zat, termasuk kuman, bakteri, timbal, nitrat, dan lain sebagainya.

Jadi, untuk menjaga kesehatan, kita mesti waspada dan harus aktif melindungi diri. Salah satu caranya, bisa dengan memanfaatkan filter air yang berguna untuk menjernihkan dan menyaring kotoran-kotoran hingga zat-zat berbahaya yang mungkin terkandung di dalam air.

Fungsi Filter Air

Filter air adalah produk yang menakjubkan. Dengan menggunakan produk ini, kita bisa menjernihkan air yang keruh dan menyaring partikel-partikel halus yang terkandung di dalam air. 

Sehingga, air tidak lagi berbau, jadi lebih jernih, dan layak digunakan untuk MCK (Mandi Cuci Kakus). Atau bahkan dapat pula digunakan untuk menyaring air agar layak digunakan untuk memasak.

Produk ini pun sangat mudah dijumpai karena, toko yang jual filter air sangat banyak. Salah satunya adalah toko online Sinarkimia.com. Di toko online ini, Anda tidak hanya akan menemukan berbagai pilihan filter air yang berkualitas, tapi juga beberapa produk lain seperti, botol, parfum laundry, pembersih rumah tangga, alat lab, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Menggunakan Filter Air untuk Menjernihkan dan Menghilangkan Bau

Air yang terkontaminasi kuman maupun berbagai macam senyawa berbahaya dapat mengakibatkan berbagai macam gejala dan penyakit. Seperti misalnya, penyakit kram perut, mual-mual, diare, muntaber (muntah berak), tekanan darah tinggi, dan bisa juga mengganggu perkembangan mental serta fisik anak.

Mengingat berbagai potensi berbahaya tersebut, menyaring air dengan menggunakan filter adalah cara terbaik untuk mencegah agar air tidak terkontaminasi zat-zat yang berbahaya.

Bahkan, air sumur yang tampaknya jernih dan tidak berbau pun akan menjadi jauh lebih murni apabila disaring dengan menggunakan filter air yang rata-rata memiliki ukuran pori-pori sekitar 1 mikron atau kurang.

Dengan bantuan alat ini, kita bisa menyaring kuman maupun bakteri serta berbagai zat berbahaya yang mungkin terdapat di dalam air, di samping tentu saja bisa membantu menghilangkan bau tak sedap serta rasa aneh pada air.

Adapun cara menggunakan filter untuk menjernihkan dan menghilangkan bau air adalah sebagai berikut.

1. Pilih filter air sesuai dengan kebutuhan

Ada dua jenis filter air yang paling banyak digunakan saat ini yaitu, filter air carbon active dan filter sedimen. Kedua filter ini memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda.

  • Filter sedimen (Sediment Filter). Adalah filter yang digunakan untuk menyaring partikel-partikel kecil yang ada pada air seperti pasir, lumpur, dan lain sebagainya. Jadi, apabila air sumur kotor atau banyak terdapat sedimen, beli filter air sedimen adalah pilihan tepat
  • Filter carbon active. Merupakan filter yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring air agar tidak berbau dan tidak berasa aneh. Meski lebih ditujukan untuk menyerap bau dan warna air yang tidak normal, filter ini sebenarnya juga bisa menyaring berbagai macam sedimen seperti yang dapat dilakukan oleh jenis Sedimen Filter

Kedua penyaring air tersebut bisa digunakan secara mandiri, dan bisa juga digunakan secara bersamaan. Misalnya, apabila air sumur di rumah anda kotor dan berbau, Anda bisa mengkombinasikan kedua filter tersebut. Akan tetapi, jika air di rumah anda ternyata cukup jernih tapi berbau tak sedap, maka anda bisa memanfaatkan filter jenis carbon active saja, atau sebaliknya.

2. Beli housing

Setelah beli filter air yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya beli juga housing (wadah) filter yang akan menjadi tempat di mana kita akan meletakkan filter tersebut.

Ketika membeli housing filter air, pastikan ukurannya sesuai dengan ukuran filter yang Anda beli.

Toko yang jual filter air biasanya juga menyediakan housing, atau bahkan mungkin menawarkannya dalam satu paket penjualan. Sehingga Anda tidak perlu repot memilih dan membeli secara terpisah.

3. Cara pasang filter air

Cara pasang filter air cukup mudah. Hanya saja, anda tentu akan membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang bisa anda beli di toko bangunan.

Alat-alat tersebut diantaranya adalah,

  • Pipa paralon yang sesuai dengan ukuran pipa keluaran mesin pompa air di rumah anda
  • Stop kran satu buah
  • Water Mur socket minimal 2 buah agar lebih mudah untuk bongkar pasang apabila filter perlu dibersihkan
  • Seal tape (isolasi pipa)
  • Short drat 2 buah (untuk air masuk dan keluar)
  • Double nipple (untuk menyambung jika menggunakan 2 atau 3 filter) 

Setelah semua kebutuhan tersedia, barulah Anda bisa memasang filter air di rumah. Filter sebaiknya diletakkan pada keluaran mesin pompa agar ada karena air membutuhkan tekanan agar bisa menembus saringan atau filter.

Jika memasang filter air 3 tabung, housing tabung pertama bisa diisi dengan menggunakan (filter) cartridge 0,5 micron. Kemudian tabung housing yang kedua bisa diisi dengan filter CTO atau filter active carbon. Lalu, yang ketiga bisa diisi dengan filter air Greensand atau apapun yang anda butuhkan.

Toko Online Sinar Kimia Tempat Jual Filter Air Terlengkap

Jika tertarik untuk membeli filter air yang telah mengantongi sertifikat SNI dan memiliki nomor ISO serta filter yang telah diuji laboratorium. Anda bisa membeli di toko online sinarkimia.com yang jual filter air dengan pilihan yang lengkap serta dengan harga yang cukup terjangkau.

Scroll to Top