Jual Anti Rayap Murah dan Berkualitas

Jual Anti Rayap Murah dan Berkualitas

 

Kelembaban dan struktur rumah kayu kerap memancing koloni rayap hingga memaksa kita untuk mendatangi toko yang jual anti rayap untuk membasminya. Tapi sebelum kita ngomongin soal cara obat anti rayap, yuk kita cari tahu mengapa rayap suka menyerang rumah atau berbagai furniture? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Mengenal Manfaat Rayap

Rayap memiliki peranan yang sangat penting dalam ekosistem alam, khususnya di hutan-hutan. Binatang yang termasuk ke dalam golongan serangga-sosial ini akan memakan pohon yang sudah mati untuk dikonsumsi selulosa-nya. Aktivitas tersebut pada prosesnya akan membantu dekomposisi pohon-pohon mati menjadi tanah yang subur.

Dengan kata lain, serangga ini sebenarnya membantu menjaga kesuburan tanah di hutan. Sehingga, pohon-pohon bisa tumbuh kembali dengan cepat dan rindang. Manfaat rayap lainnya adalah untuk membantu tanah bernapas serta menciptakan nutrisi bagi tanah.

Akan tetapi, di samping manfaatnya tersebut, rayap juga dapat menimbulkan masalah apabila yang diserang adalah rumah atau perabotan. Namun hal tersebut tidak begitu mengherankan mengingat, rayap tidak bisa membedakan antara rumah dan hutan. Rayap akan memperlakukan rumah yang mengandung kayu, terutama yang lembab dan rusak seperti halnya pohon-pohon mati di hutan.

Mereka akan makan kayu di rumah, terutama yang lembab, entah itu, pondasi, tiang rumah, furniture, dan berbagai produk lainnya yang terbuat dari bahan kayu termasuk buku.

Di samping fakta tersebut, kita juga harus tahu bahwa, setiap koloni rayap biasanya terdiri atas ratusan ribu ekor. Karena itu, tidak mengherankan apabila serangga ini dapat menyebabkan kerusakan rumah dalam waktu singkat tanpa diketahui. Akibatnya, kita pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk renovasi rumah.

Sebelum hal tersebut terjadi dan apabila ada tanda-tanda serangan rayap di rumah, kita harus segera mengendalikan hama ini secara yang tepat. Diantara caranya adalah dengan menggunakan anti rayap.

Jual Anti Rayap Murah

Karena tidak bisa membedakan antara rumah dan hutan maka, tidak mengherankan apabila rayap kerap dianggap sebagai hama yang sangat merugikan. Di Indonesia sendiri, kerugian akibat rayap setiap tahun bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Bahkan tak jarang, di rumah atau tempat tinggal kita, terdapat perabotan atau furniture hingga interior yang mahal dan berharga seperti barang antik atau ukiran klasik. Apabila tidak dilindungi, perabotan dan berbagai macam benda-benda berharga di dalam rumah kita akan dimakan oleh serangga ini.

Karena itu, membeli pembasmi rayap atau yang biasa kita kenal dengan sebutan “anti rayap” yang ampuh adalah solusi terbaik untuk mengatasinya. Tentunya, selain dengan menjaga agar kondisi rumah tidak lembab dan tidak memancing rayap untuk datang.

Beli anti rayap sebaiknya Anda lakukan secara online. Selain harganya lebih murah, juga lebih mudah serta lebih aman. Mengingat saat ini, pandemi Covid-19 masih menjadi momok yang wajib kita waspadai.

Tips Menggunakan Anti Rayap yang Aman

Rayap akan meningkatkan kadar pH tanah dan air yang dapat bahaya bagi struktur bangunan, tidak hanya yang terbuat dari kayu, tapi juga yang terbuat dari beton. Rayap juga bisa menyerang kabel bawah tanah, tanggul, dan lain sebagainya.

Agar bisa menghindari kerusakan akibat rayap. Maka, bangunan hingga furniture atau kabel yang ditanam di bawah tanah perlu diberikan anti rayap.

Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa, anti rayap adalah racun yang harus digunakan secara bijak. Agar lebih aman saat digunakan, berikut beberapa tips yang sebaiknya anda simak.

1. Terapkan anti rayap pra konstruksi

Pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Begitu juga dengan bangunan, rumah, atau apapun yang kita miliki. Harus dijaga sebelum rusak atau tidak mungkin lagi untuk diperbaiki. Menerapkan anti rayap pra konstruksi adalah ide yang sangat bagus. Sehingga bangunan tidak akan diserang rayap di kemudian hari.

Jadi, sebelum mulai membangun rumah, sebaiknya terapkan anti rayap pada bagian pondasi, termasuk di dasar parit pondasi dan permukaan dasar lantai.

Sejumlah manfaat menerapkan anti rayap pra konstruksi diantaranya adalah:

  • Biayanya lebih murah dibandingkan dengan melakukan perawatan pasca konstruksi
  • Hambatan dalam menerapkan anti rayap lebih sedikit sehingga lebih mudah diaplikasikan

2. Hindari penggunaan obat rayap di dekat sumber air

Jika Anda menggunakan obat anti rayap yang terbuat dari bahan kimia, gunakanlah secara bijak dan berhati-hatilah agar obat tersebut tidak digunakan di dekat sumber air minum.

Hal ini dilakukan untuk menghindari agar air minum tidak terkontaminasi bahan-bahan toksik yang terkandung di dalam obat.

3. Gunakan anti-rayap sesuai anjuran

Patuhi setiap anjuran dan dosis penggunaan obat pencegah ataupun pembasmi rayap. Baca secara seksama setiap instruksi yang ada pada label dan terapkan sesuai dengan instruksi yang tertera.

4. Gunakan APD

Personal protective equipment atau yang kita kenal dengan istilah APD (Alat Pelindung Diri) tidak hanya digunakan untuk melindungi diri agar tidak terkena penyakit, tapi juga perlu digunakan saat memakai bahan kimia agar kita tidak terpapar.

Jika tidak memiliki APD yang memadai, setidaknya gunakanlah sarung tangan yang terbuat dari lateks atau karet serta masker yang dapat membantu mencegah terhirupnya uap atau gas serta bubuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan.

5. Jauhkan dari jangkauan anak-anak

Meskipun penggunaan bahan kimia pada obat anti rayap sudah memenuhi regulasi dan dinyatakan aman. Namun, melindungi diri dan keluarga dari efek samping atau resiko kesehatan yang mungkin dapat diakibatkan oleh bahan-bahan kimia tetap harus menjadi prioritas utama setiap orang tua.

Selain harus digunakan secara bijak, obat anti rayap juga harus disimpan di tempat yang aman (terkunci) dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Scroll to Top