• Tips Membuat Model dari Resin

    Selamat berjumpa kembali, kali ini kami akan membahas tips membuat model dari resin. Tips ini merupakan teori dasar, untuk pengembangannya dapat dilakukan eksperimen sendiri sesuai dengan kreativitas masing-masing individu. Baiklah langsung dimulai saja.

     

    Langkah pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

    Resin

    Katalis (hardener)

    mirror glazeĀ  / anti lengket (optional)

    Cetakan

    Wadah (gelas ukur atau gelas plastik, dsb)

    Batang pengaduk atau stick es krim atau sendok

    Tusuk gigi

     

    Kemudian langkah selanjutnya, cara pembuatannya:

    Bersihkan terlebih dahulu cetakan dan pastikan tidak ada debu di dalam cetakan. Setelah bersih, oleskan mirror glaze (anti lengket) pada cetakan untuk mempermudah proses melepaskan model dari cetakan.

    Tuanglah resin sebanyak 2 sendok makan ke dalam wadah (bisa menggunakan gelas plastik, gelas ukur, dll). Tuanglah katalis sebanyak 2 tetes ke dalam gelas yang telah terisi resin. Kemudian aduk hingga rata (bisa menggunakan batang pengaduk, sendok, stick es krim, dll). Jika muncul gelembung pada adonan, bisa dipecahkan dengan tusuk gigi. Jika resin telah tercampur dengan katalis, jangan didiamkan terlalu lama karena cairan tersebut akan segera menjadi padat.

    Kemudian tuanglah resin dan katalis yang telah dicampur ke dalam cetakan dengan perlahan. Jika timbul gelembung, pecahkan lagi dengan tusuk gigi. Setelah cetakan terisi dengan resin diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah kering, lepaskan model yang sudah mengeras dari cetakan. Dan model pun sudah jadi, mudah bukan?

     

    Dengan mengikuti tips membuat model dari resin diatas anda sudah bisa membuat banyak variasi, untuk gantungan kunci, kalung, souvenir magnet, dll. Adonan resin dapat dimasukkan bubuk glitter, atau dicampur dengan pewarna resin (jika model hanya akan memiliki satu warna saja) untuk menghasilkan warna pada model. Untuk mencari sumber inspirasi sangat banyak contoh kerajinan berbahan dasar resin bening di google atau youtube. Selamat mencoba kreasi yang lainnya.

    Catatan:

    Pakailah sarung tangan dan masker sewaktu bekerja untuk lebih aman dari efek yang ditimbulkan oleh bahan-bahan fiberglass dan cat.

    Sebaiknya dilakukan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

    Jika pada permukaan model terdapat bekas cetakan sehingga kurang sempurna, dapat diratakan dengan amplas atau kikir.

    Jika kesulitan mencari bahan-bahan diatas, kami menjual resin, katalis, mirror glaze, dll. Sampai berjumpa di kesempatan berikutnya.

Author

Toko Sinar Kimia adalah toko kimia yang menyediakan bahan kimia umum, kimia tehnik, kimia kolam renang, kimia laundry, kimia pembersih, alat laboratorium, dan sebagainya. Toko kimia kami juga menyediakan bahan kimia mentah untuk bahan baku industri rumah tangga serta perlengkapan dan kemasannya, seperti botol plastik, dan jerigen plastik berbagai tipe dan ukuran dengan harga yang sangat bersaing.

http://www.sinarkimia.com

Leave a comment

If you want to share your opinion, leave a comment.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

  • Sandi says:Reply
    January 29, 2018 at 3:12 am

    Apakah sama resin Sama Epoxy.?
    Atau apakah Ecopoxy bahan nya beda lagi.?
    Terima kasih.

  • BestDuane says:Reply
    August 10, 2018 at 8:17 am

    I see you don’t monetize your blog, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every
    month. You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve
    all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe’s tips monetize your website

WhatsApp chat