Tips Membersihkan Alat Laboratorium

Selamat berjumpa kembali, kali ini kami akan membahas tentang Tips dan Cara yang Aman dalam Membersihkan Alat Laboratorium. Alat laboratorium sangat erat kaitannya dengan dunia sains dan eksperimen ilmiah. Peralatan laboratorium tersebut umumnya dibuat dari beberapa bahan seperti aluminium, stainless, dan yang paling banyak adalah kaca. Umumnya, peralatan yang digunakan untuk eksperimen memang menggunakan bahan dari kaca. Hal ini dikarenakan kaca tahan terhadap panas, bersifat transparan dan lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan plastik.

Jenis kaca yang digunakan untuk peralatan laboratorium adalah kaca Borosilikat, kaca Quartz dan beberapa jenis lainnya. Kaca-kaca khusus tersebut memang dirancang untuk menahan tingkat ketinggian thermal, mampu memunculkan spektrum elektromagnetik tertentu dan bisa tahan terhadap suhu tinggi. Cara membersihkan peralatan laboratorium yang terbuat dari kaca tentu tidak boleh sembarangan. Mengingat harganya yang tidak murah, maka kita harus lebih berhati-hati. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas terkait bagaimana cara membersihkan alat laboratorium.

Inilah Cara Terbaik Membersihkan Alat Laboratorium Kaca

Cara membersihkan alat-alat yang terbuat dari kaca sebenarnya mudah. Ya, meskipun tentu saja tidak semudah mencuci gelas atau piring rumah tangga biasa, tapi tetap sama-sama membutuhkan ketelitian dan juga kesabaran yang ekstra agar tidak pecah. Hal dasar yang perlu diperhatikan ketika mulai mencuci peralatan lab ini adalah mengetahui terlebih dahulu larutan apa yang sebelumnya telah dibuat menggunakan alat tersebut. Misalnya, apabila alat laboratorium yang akan dicuci sebelumnya hanya digunakan untuk membuat larutan sukrosa, natrium klorida ataupun larutan lainnya yang tidak berbahaya, maka cukup dicuci menggunakan air yang mengalir saja. Air yang biasa untuk membersihkan alat-alat ini bernama air deionisasi.

Namun jika alat berbahan kaca yang akan dicuci bekas membuat larutan asam kuat seperti HCL atau lainnya, maka kita harus lebih hati-hati agar tidak terkena tangan secara langsung. Gunakan saja sarung tangan laboratorium ketika mencuci alat tersebut dengan air deionisasi. Hal ini juga berlaku untuk alat kaca yang digunakan untuk membuat larutan basa kuat. Di samping larutan-larutan tersebut, kita mungkin akan menemui peralatan laboratorium yang digunakan untuk membuat larutan yang tidak terlarut oleh air. Beberapa larutan tersebut di antaranya adalah kloroform dan juga heksana. Nah, cara membersihkannya adalah dengan menambahkan zat kimia lainnya seperti aseton dan etanol. Kedua zat tersebut memang sering dipakai untuk membersihkan peralatan laboratorium yang sukar dibersihkan. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap bersih.

Itu tadi merupakan ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan peralatan laboratorium dari bahan kaca. Yang terpenting adalah Anda harus selalu berhati-hati dan benar-benar memperhatikan aturan dalam menggunakan alat-alat tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara bagaimana membersihk jual alat laboratorium dengan baik dan benar agar tetap awet dan tahan lama.

Author: david

Toko Sinar Kimia adalah toko kimia yang menyediakan bahan kimia umum, kimia tehnik, kimia kolam renang, kimia laundry, kimia pembersih, alat laboratorium, dan sebagainya. Toko kimia kami juga menyediakan bahan kimia mentah untuk bahan baku industri rumah tangga serta perlengkapan dan kemasannya, seperti botol plastik, dan jerigen plastik berbagai tipe dan ukuran dengan harga yang sangat bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *