Tips Melakukan Pengasapan atau Fogging DBD

Selamat berjumpa kembali, karena belakangan ini sedang wabah demam berdarah, maka kami akan membahas tata cara pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk demam berdarah, yaitu sebagai berikut:

Sebagai langkah awal pengasapan/fogging dalam satu ruang spesifik, dgn bikin deskripsi atau memetakan ruang yang disemprot. Ruang yang tercakup sekurang-kurangnya berjarak 200 mtr. didalam radius rumah yang terindikasi juga sebagai tempat dengue. Lalu dikerjakan peringatan pada warga terlebih dulu untuk keluar ruamh dgn terlebih dulu tutup makanan atau keluarkan piaraan.

Sasaran fogging yaitu seluruhnya ruang baik dalam bangunan rumah ataupun diluar bangunan (halaman/pekarangan), lantaran object tujuan yaitu nyamuk yang terbang. Karakter kerja dr fogging yaitu knock down effect yang berarti sesudah nyamuk kontak dgn partikel (droplet) isektisida diinginkan mati sesudah 24 jam.

Terdapat dua jenis peralatan yang dipakai untuk pengasapan atau fogging diantaranya mesin fog serta ULV (Ultra Low Volume). Mesin fog dipakai untuk kepentingan operasional fogging dr rumah ke rumah (door to door operation). Sebagian type peralatan ini memiliki prinsip kerja yang sama yaitu membuahkan fog (kabut) toksin serangga juga sebagai hasil kerja semburan gas pembakaran yang memecah larutan toksin serangga (bahan kimia yang dipakai), jadi droplet yang sangatlah halus serta berwujud juga sebagai fog. Rata-rata alokasi saat yang dibutuhkan dgn pemakaian peralatan ini yaitu 2-3 menit untuk tiap-tiap rumah serta halamannya.

Sesaat Ultra Low Volume (ULV) membuahkan cold fog. hasil ini didaptkan dgn mekanisme terjadinya desakan mekanik umum pada toksin serangga melalui sistem nozzle. Dgn alat ini droplet toksin serangga yang dihasilkan tambah lebih halus dari pada fog umum. ULV sangatlah pas dipakai pd ruang out door atau luar ruang.
Menurut Depkes RI (2005), untuk membatasi penularan virus dengue dikerjakan dua siklus pengasapan atau penyemprotan, dgn interval 1 minggu. Pemilihan siklus ini dgn anggapan, bahwa pd penyemprotan siklus pertama seluruhnya nyamuk yang memiliki kandungan virus dengue atau nyamuk infektif, serta nyamuk-nyamuk yang lain bakal mati.

Lalu bakal selekasnya diikuti dgn timbulnya nyamuk baru yang bakal mengisap darah pasien viremia yang masih tetap ada yang punya potensi menyebabkan terjadinya penularan kembali, hingga butuh dikerjakan penyemprotan siklus ke-2. Penyemprotan yang ke-2 dikerjakan 1 minggu setelah penyemprotan yang pertama, agar nyamuk baru yang infektif itu bakal terbasmi saat sebelum pernah menularkan pd orang lain.

Demikianlah tips dari kami, semoga artikel ini bermanfaat. Kami juga jual obat fogging DBD, sampai berjumpa pada kesempatan lainnya.

Author: david

Toko Sinar Kimia adalah toko kimia yang menyediakan bahan kimia umum, kimia tehnik, kimia kolam renang, kimia laundry, kimia pembersih, alat laboratorium, dan sebagainya. Toko kimia kami juga menyediakan bahan kimia mentah untuk bahan baku industri rumah tangga serta perlengkapan dan kemasannya, seperti botol plastik, dan jerigen plastik berbagai tipe dan ukuran dengan harga yang sangat bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *